FRANCHISEGLOBAL.COM - Melia Laundry  & Drycleaning  didirikan pada tahun  1996 oleh Alm. Bapak Fen Saparita dan saat ini Melia Laundry & Drycleaning sudah berusia lebih dari 24 tahun. Dengan wafatnya Bapak Fen Saparita segala aktifitas dan pengembangan dijalankan oleh  Ibu Anna  Yulianti, istri Alm. Bapak Fen.

Almarhum bercita-cita ingin membuka lapangan pekerjaan seluas luasnya. Harapannya  dengan membuka Bisnis Franchise Melia Laundry & Drycleaning akan mampu menyerap banyak tenaga kerja, sehingga cita-cita  dari Pendiri dalam membuka lapangan kerja dapat terlaksana dan mengembangkan brand Melia Laundry & Drycleaning.

Hingga pada tahun 2004 Melia Laundry & Drycleaning mulai di-franchise-kan. Di tahun 2019 ini, Melia Laundry & Drycleaning memiliki 5 Workshop mandiri yang terletak di D.I. Yogyakarta, semarang Jawa tengah, dan Jakarta Selatan. Adapun milik mitra mencapai 70 Workshop tersebar di 15 Propinsi dan 33 kota besar di seluruh Indonesia. Ke depannya, Melia Laundry & Drycleaning akan agresif membuka franchise di Indonesia Timur. 

“Dari mitra- mitra kami, terdapat 3 orang franchisee yang memiliki  lebih dari 1 workshop Sudah ada 93% Franchisee yang telah melakukan perpanjangan kontrak kerjasama dengan Melia Laundry & Drycleaning, bahkan sudah ada yang perpanjang hingga 3x kontrak,” tutur Anna Yulianti.

Melia Laundry & Drycleaning sudah bergerak dalam bidang laundry & drycleaning lebih dari 23 tahun. Tentu saja, dalam waktu yang tidak singkat tersebut kami sudah mengantongi banyak pengalaman mengenai Bisnis Laundry, mulai dari sisi operasional, administrasi, management maupun dari sisi marketingnya.

“Selama terjalin kerjasama dengan kami, kami akan terus memonitor pergerakan operasional dan marketing para mitra bisnis. Selain itu, kami juga dan memiliki strategi pemasaran yang kuat, diantaranya : adalah dengan aktif beriklan di media seperti facebook, instagram, website, iklan televisi dan lain sebagainya,” ujarnya.

Dengan memegang teguh komitmen, baik kepada Konsumen Jasa Laundry & Drycleaning, maupun kepada seluruh Franchisee. Melia selalu bergandengan tangan antara Franchisor dan Franchisee dalam menangani masalah-masalah yang terjadi di Franchisee. Lebih dari itu, secara berkala Melia Laundry selalu melakukan refresh skill kepada karyawan agar standart dan hasil serta kualitas produknya selalu terjaga.

-          Inovasi Melia Klik, Laundry Jadi Mudah

Melia Laundry & Drycleaning juga meluncurkan program baru berupa Aplikasi berbasis online yang bernama “Melia Klik” dimana semua konsumen bisa mendownload aplikasi tersebut di Play Store dimana konsumen dapat memesan layanan Laundry & Drycleaning melalui aplikasi tersebut.

Melalui aplikasi Melia klik, diharapkan layanan Melia Laundry & Drycleaning akan lebih mudah digunakan oleh konsumen, membuka target pasar baru, dan semakin memperluas jangkauan konsumen di lokasi-lokasi yang potensial.

“Industri fashion dan tekstil semakin berkembang. Penampilan rapi dan bersih adalah hal utama pada masa kini. Selama orang masih memakai tekstil, maka selama itu pula orang masih perlu jasa laundry,” ujarnya.

Bagi pembaca yang hendak memilih bisnis laundry, Melia Laundry menawarkan investasi dengan konsep Bisnis aktif dan pasif. Dengan nilai Royalty Fee untuk Franchise aktif adalah 8% dan untuk Franchise pasif dengan management by Melia Laundry Pusat adalah 8% + 2%. Nilai paket investasi untuk dapat menjadi mitra Melia Laundry & Drycleaning adalah senilai Rp. 650.000.000, terdiri dari Franchise fee senilai Rp 150.000.000 dan mesin serta peralatan Rp 500.000.000,- dengan masa kontrak 5 tahun.

“Omset yang dapat diperoleh Workshop Melia Laundry & Drycleaning yang telah beroperasi maksimal dapat mencapai Rp. 285.000.000/bln. BEP akan  di estimasikan dapat tercapai 2 tahun 9 bulan,” terangnya. [hfz]